Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Imlek Sepi Acara

P_20160201_121937_1BENGKULU, PB - Penanggalan Tahun Baru Tionghoa (China) atau Imlek, akan memasuki tahun 2567 pada tanggal 8 Februari 2016 dan berjalan hingga 27 Januari 2017. Namun, Imlek di tahun ini sepertinya tidak ada acara khusus. Pasalnya mendekati hari besar tersebut tidak ada sekolah yang libur, khususnya anak-anak. Minat latihan Barongsai juga terlihat sepi.

Baca juga: Imlek Tak Pengaruhi Harga Daging dan Festival Bengkulu Tempo Doeloe Digelar Akhir Februari

"Anak-anak masih banyak yang sekolah, gak ada yang libur. Jadi di saat mau latihan, mereka gak bisa datang. Mungkin takut terganggu waktu belajar juga. Makanya Imlek sekarang biasa-biasa saja," kata Anwar, pengurus Klenteng Air Suci, kepada Pedoman Bengkulu, Senin (1/2/2016).

Kendati demikian, ia tetap mengharapkan agar upacara sembahyang untuk tetap khusuk dan hikmat.

"Akan ada banyak orang silih berganti yang mau sembahyang. Semuanya juga sudah dipersiapkan, mulai dari lilin merah, kertas Kui Jin, permen, Garu, tergantung juga permintaan dari yang mau ibadah," jelasnya.

Sementara itu, salah satu warga Tionghoa yang menyelenggarakan hari raya Imlek ini, Iryanka Aditya mengatakan setiap perayaan Imlek memang tak banyak acara yang digelar oleh klenteng yang berada di Tapak Jedah itu.

"Imlek itu paling cuma sembahyang aja," kata dia.

Kendati demikian, bukan berarti masyarakat tidak akan dihibur oleh kesenian tradisional khas China. Biasanya, lanjut Iryanka, usai Imlek akan diadakan ulang tahun di Klenteng tersebut.

"Nanti waktu ulang tahun baru banyak acaranya, ada barongsai dan lainnya," jelasnya. [Rizky Febrianty/IC]

P_20160201_121435 P_20160201_121134