Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Ikuti Lomba "Bedindang" di HUT BS

12645222_10207419086288406_454672582917405621_nBENGKULU SELATAN, PB - Berbagai ragam acara adat dan budaya akan digelar pada rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bengkulu Selatan ke-67 yang jatuh pada 8 Maret 2016 mandatang. Di antaranya ada lomba seni dendang atau yang lazim disebut Bedindang. Direncanakan lomba bedindang tersebut akan dilaksanakan pada Hari Senin tanggal 7 maret 2016 pukul 19.00 bertempat di Balai Sekundang.

Baca: Ustad Yusuf Mansyur Dibatalkan, Datangkan Artis Ibu Kota.

Diungkapkan Assisten I Setda Bengkulu Selatan, lomba seni budaya Bedindang tersebut sengaja dimasukkan dalam rangkaian kegiatan HUT BS dengan tujuan untuk melestarikan adat dan budaya supaya tidak punah.

"Peminat dan penikmat serta penonton seni bedindang ini kan agak kurang. Makanya kami akan mengusahakan supaya pada saat perlombaan nanti disaksiskan langsung oleh Bupati, Wabup dan pejabat-pejabat lain, termasuk unsur FKPD," tutur Supran.

Untuk diketahui, bahwa Bedindang merupakan kesenian budaya khas Bengkulu Selatan yang isinya serupa dengan berbalas pantun, namun dibawakan layaknya sebuah musik yang diiringi dengan biola, rabana, serunai ataupun harmonika. Dalam rentetan acara seni bedindang diselingi dengan acar tarian dan pencak silat.

Selain itu, masih banyak lagi acara-acara yang akan digelar memeriahkan acara HUT kabupaten Bengkulu Selatan, seperti hiburan rakyat yang direncanakan akan dihibur oleh artis ibu kota, acara Tabligh akbar, Jalan santai, penghijauan, bakti sosial, pengobatan gratis, donor darah, jalan santai, lomba kebersihan dan lainnya.

"Untuk acara penghijauan direncakan akan dipusatkan di Pantai Pasar Bawah. Untuk pengobatan gratis direncanakan akan digelar di Pustu Pagar Dewa. Sedangkan untuk donor darah kita akan usahakan bekerja sama dengan Polres dan Kodim. Kalau masalah artis dari ibu kota, kami belum bisa memastikan siapa yang akan datang. Yang jelas dari ibu kota, siapa artisnya nanti sama-sama kita lihat," pungkas Supran. (Apdian Utama)