Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kompak, SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu Gelar Doa dan Aksi Bela Palestina

 

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Sebuah aksi solidaritas kemanusiaan yang mengharukan digelar SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu, Selasa (7/5/2024). Aksi solidaritas kemanusiaan ini ditujukan untuk mengutuk perbuatan zionis yang telah berlaku kejam terhadap rakyat Palestina.

Aksi tersebut sejalan dengan imbauan dari Majelis Pendidikan Dasar Menengah Dan Pendidikan Nonformal Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor : 173/I.4/F/2024.

Dalam menjalankan aksinya, SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu mengawali dengan sholat Zuhur berjama’ah, kuliah tujuh menit yang disampaikan oleh salah satu siswi SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu dan do’a untuk kemerdekaan Palestina.

"Selain itu juga disampaikan pernyataan sikap Majelis Pendidikan Dasar, Menengah dan Pendidikan Nonformal Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu," kata Kepala SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu Sutanpri.

Berikut pernyataan sikap tersebut.

1. Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu turut prihatin dengan kekerasan yang terjadi di Palestina, dan menyatakan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada mereka yang wafat dengan iringan doa semoga mereka mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Subhanahu Wataala. Kami mengecam keras segala bentuk penindasan dan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan terhadap rakyat Palestina yang tidak berdosa. Membunuh manusia yang tidak berdaya adalah perbuatan yang tidak berperi kemanusiaan, kejahatan yang sama nilainya dengan membunuh seluruh umat manusia, pelanggaran Hak Azasi Manusia dan Hak-hak Masyarakat Sipil yang dilindungi oleh hukum Internasional.

2. Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu, mengutuk keras Israel atas agresi dan serangan militer yang sangat tidak proporsional, penangkapan massal terhadap warga sipil Palestina, perusakan berbagai fasilitas umum, utamanya fasilitas kesehatan, serta blokade bantuan kemanusiaan.

3. Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu, mengapresiasi sebesar-besarnya dukungan mahasiswa, dosen, dan guru besar di seluruh dunia yang sudah berani menyuarakan hati nurani dan akal sehatnya menolak kejahatan genocide Israel dan mendukung kemerdekaan Palestina.

4. Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu, menuntut agar komunitas internasional bertindak tegas dan segera mengakhiri pendudukan ilegal, blokade, dan pembangunan pemukiman ilegal di wilayah Palestina dan juga Mengecam keras sikap Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Jerman, dan negara- negara serta pihak-pihak lainnya yang terus memberikan dukungan dan bantuan terhadap Israel dalam agresi dan penyerangan terhadap Palestina.

5. Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu, mendukung upaya diplomasi yang berkelanjutan untuk mencapai penyelesaian konflik yang adil dan berkelanjutan, berdasarkan prinsip-prinsip keadilan dan kemerdekaan bagi rakyat Palestina.

6. Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu, meminta badan-badan internasional seperti PBB dan pengadilan internasional untuk menyelidiki dan mengadili pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh Israel di wilayah Palestina.

7. Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu, mengecam Organisasi Kerja Sama Islam, Rabithah Alam Islami, dan negara- negara Arab yang bersikap lemah dan cenderung membiarkan Israel secara leluasa melakukan penyerangan dan pembunuhan hanya untuk kepentingan dalam negeri mereka sendiri 8. Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu, mengapresiasi atas konsistensi dan keberanian Menteri Luar Negeri RI dalam berbagai forum dunia untuk terus membela dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina, menolak kejahatan Israel, serta mengkritik keras kemunafikan Barat dalam kasus konflik Israel-Palestina.

9. Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu, meminta kepada Pemerintah Indonesia, untuk tidak berpikir sedikit pun dan apalagi melakukan langkah-langkah politik untuk membuka hubungan diplomatic dengan negara agresor dan pelaku genocide, Israel.

10. Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu, mengajak semua individu dan kelompok untuk menunjukkan solidaritas dengan rakyat Palestina melalui berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti kampanye sosial, aksi protes, dan dukungan kemanusiaan.

Dengan pernyataan sikap tersebut, SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu berkomitmen untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam mencapai keadilan, perdamaian, dan kemerdekaan yang mereka harapkan. [**]