Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Jangan Abaikan Fungsi Kampas Rem Sepeda Motor, Berikut Tips Merawatnya Agar Aman Saat Berkendara!


PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Menjaga kampas rem untuk tetap mampu beroperasi dengan baik merupakan kewajiban bagi para pengendara. Kampas rem merupakan komponen esensial yang berhubungan langsung dengan keselamatan berkendara dengan mengatur laju kendaraan baik memperlambat maupun menghentikan putaran roda.

Rangga Noviar, Kepala Bagian Technical Service Astra Motor Bengkulu mengungkapkan bahwa, kampas rem adalah salah satu suku cadang penting pada sepeda motor yang harus dirawat agar sepeda motor dan penggunanya aman dan nyaman.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar kampas rem tetap awet, hal pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan kampas rem sepeda motor secara rutin. 

Alasannya adalah kampas rem sangat rentan terhadap debu dan kotoran yang menyebabkan efektivitasnya dapat terganggu jika tidak dibersihkan dengan benar.

Caranya, gunakan sikat berbulu halus atau kompresor udara untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang menempel pada kampas.

Kedua, periksalah ketebalan kampas rem secara berkala. Jika ketebalan sudah mencapai batas minimum yang dianjurkan oleh produsen, maka gantilah kampas rem dengan yang baru. 

Selain ketebalan, periksa juga kondisi kampas rem, pastikan tidak ada sobekan, ausan yang tidak merata, atau kerusakan lainnya. Kampas rem yang rusak harus segera diganti.

"Membiarkan kampas rem yang sudah tipis bisa mengurangi daya cengkramnya sehingga berpotensi menjadi penyebab kecelakaan," ujar Rangga.

Ketiga, jaga suhu rem agar selalu stabil dengan menghindari pengereman terlalu keras atau terlalu sering yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu atau overheating dan berpotensi menimbulkan kerusakan pada kampas rem. 

Pengguna sepeda motor juga harus selalu memeriksa kondisi minyak rem pada tabung reservoir untuk mempertahankan kestabilan suhu yang ditimbulkan akibat gesekan kampas dengan cakram dan menjaga kinerja rem tetap optimal.

Keempat, pastikan menggunakan produk yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan spesifikasi sepeda motor. Karena, kampas rem berkualitas rendah mungkin tidak berkinerja baik dan lebih cepat aus.

Kelima, lakukan perawatan dan pemeriksaan berkala sesuai jadwal yang disarankan oleh produsen kendaraan, mencakup pemeriksaan rutin kampas rem, penggantian saat diperlukan, dan pemeriksaan sistem pengereman secara menyeluruh.

Selanjutnya, jika terdengar suara-suara aneh atau merasakan getaran saat melakukan pengereman, itu bisa menjadi tanda adanya gangguan pada sistem rem, segera lakukan pemeriksaan.

"Untuk memastikan pemeriksaan dan perawatan yang maksimal, bawalah sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat," tutup Rangga.[KC06]