Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri Minta Sistem Demokrasi dalam Pemilu 2024 Diperkuat

PedomanBengkulu.com, Jakarta - Bangsa Indonesia tak lama lagi akan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Idealnya, pesta demokrasi tersebut bukan hanya mengandung unsur kontestasi, namun juga tak kalah penting adalah partisipasi.

Demikian diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia asal Provinsi Bengkulu Hj Riri Damayanti John Latief mengenai Pemilu 2024 yang akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota secara serentak, Jumat (19/1/2024).

"Kontestasi melibatkan partai politik dan kandidat-kandidat yang akan berkompetisi memperebutkan jabatan-jabatan politik, sedangkan partisipasi melibatkan masyarakat dalam tahapan-tahapan pemilihan, oleh karena itu kualitas kandidat dan kualitas pemilih sama-sama sangat menentukan kualitas hasil pemilihan," kata Hj Riri Damayanti John Latief.

Lulusan Psikologi Universitas Indonesia ini menjelaskan tentang pentingnya pendidikan bagi pemilih yang diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran politik yang menuntun masyarakat menjadi pribadi yang mandiri, cerdas dan rasional.

"Menyelenggarakan pendidikan pemilih adalah tanggung jawab semua elemen bangsa, penyelenggara pemilu, partai politik, pemerintah, perguruan tinggi dan organisasi. Pemilu 2024 ini harus dikawal bersama-sama agar dapat menghasilkan yang terbaik bagi bangsa," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menekankan mengenai pentingnya seluruh kontestan mengedepankan ide dan gagasan yang berbasis pada nilai-nilai Pancasila dengan memberikan literasi dan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.

"Nggak perlu saling ejek, saling menjatuhkan, apalagi saling fitnah. Hindari hoaks, ujaran kebencian, politik identitas serta politik uang. Cara-cara yang baik insya Allah akan mendatangkan keberkahan Allah subhanahu wa ta'ala untuk negeri ini," sampai Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kepahiang ini menambahkan, dengan menjaga cara-cara yang baik dalam menjalankan semangat demokrasi, partisipasi pemilih dapat meningkat dalam Pemilu 2024 ini.

"Antusiasme masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya adalah modal yang sangat penting sebagai penopang legitimasi pemerintahan yang akan dijalankan ke depan dan membuka harapan sikap berdemokrasi yang semakin dewasa di Indonesia," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [AM]