Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Dinkes Bengkulu Selatan Gelar Pelatihan Tenaga Sanitasi Lingkungan

PedomanBengkulu.com, Bengkulu Selatan - Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan melatih tenaga sanitasi lingkungan.

Pelatihan Tenaga Sanitasi Linglungan (Pengawasan Kualitas Kesehatan Lingkungan) ini berlangsung di Aula Pertemuan Ori Taman Wisata (OTW), Kota Manna, 07-10 Desember 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan Didi Ruslan, S.KM, M.Si mengungkapkan, pelatihan ini bertujuan mewujudkan kondisi lingkungan yang sehat di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) RI Nomor 13 tahun 2015.

Dimana pelayanan kesehatan lingkungan adalah kegiatan ditujukan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat, baik dari aspek fisik, kimia, biologi, maupun sosial.

"Muaranya pada kesehatan lingkungan untuk mencegah penyakit dan gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh faktor risiko lingkungan," kata Didi Ruslan saat membuka kegiatan Pelatihan, Kamis (07/12/2023) 

Didi menjelaskan, tenaga sanitasi lingkungan berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang kesehatan lingkungan pada Instansi Pemerintah.


Lingkup kerja kesehatan lingkungan tertuang dalam Permenkes  Nomor  2 Tahun 2023 tentang Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tentang Kesehatan Lingkungan. 

Dalam Permenkes No 2 Tahun 2023 ditetapkan beberapa lingkup pengawasan yang dilakukan oleh tenaga sanitarian.

Diantaranya yaitu pengawasan kualitas air minum dan sanitasi, pengawasan TPP (Tempat Pengelolaan Makanan), pengawasan TFU (Tempat Fasilitas Umum) 

Serta pengawasan limbah fasilitas layanan kesehatan pengendalian vector lalat dan pengawasan pestisida.

Agar lingkungan memiliki kualitas yang baik, sehat, dan aman maka harus dilakukan pengawasan terhadap lingkungan.

"Pengawasan lingkungan yang dimaksud yaitu dengan melakukan inspeksi kesehatan lingkungan dan pengambilan atau pemeriksaan sampel," jelasnya.

Inti dari kegiatan Pelatihan Tenaga Sanitasi Lingkungan (pengawasan Kualitas Kesehatan Lingkungan) ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas dan keterampilan tenaga tenaga sanitasi lingkungan.

Diharapkan, setiap tenaga sanitarian yang ada di Puskesmas dan Dinas Kesehatan dapat meningkat pengetahuan, keterampilan dan kemampuannya. (AM)