Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pemkab BS Gelar Musrenbang, Bahas Usulan Prioritas 2023


PedomanBengkulu.com, Bengkulu Selatan - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan berharap jalinan koordinasi dan komunikasi serta integrasi mulai dari perencanaan hingga realiasi pelaksanaan pembangunan antara provinsi, kabupaten Bengkulu selatan dan nasional bisa terjalin dengan baik, sehingga percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai sesuai dengan target waktu yang direncanakan.

Hal ini disampaikan Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi saat pelaksanaan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah Tingkat Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Gedung Pemuda Manna (14/3/2022).

Musrenbang Tahun 2022 untuk penyusunan RKPD Tahun 2023 ini diharapkan Bupati benar-benar mampu menterjemahkan visi, misi yang dibangun, sehingga dapat diimplementasikan dalam aksi nyata sehingga dapat menjadi pengungkit kesejahteraan ekonomi di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Mengusung tema Peningkatan Daya Saing Ekonomi Daerah Melalui Hilirisasi Komoditi Unggulan Didukung Sumber Daya Manusia Dan Infrastruktur Yang Berkualitas, Musrenbang Kabupaten Bengkulu Selatan ini dihadiri oleh segenap perangkat daerah dan unsur Forkopimda serta Gubernur Bengkulu yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Provinsi Bengkulu Ir. H. Fachriza, MM.

Disampaikan Fachriza, bahwa tema pembangunan Provinsi Bengkulu di tahun kedepan adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui akselerasi pembangunan ekomomi yang berkelanjutan, pembangunan manusia serta pemenuhan layanan infrastruktur dasar dan pengembangan infrastruktur strategis yang merujuk pada tema pembangunan nasional tahun 2023 yang selaras dengan potensi pembangunan di Bengkulu.

“ Tema pembangunan tingkat provinsi Bengkulu ini, kami harapkan menjadi pedoman bagi Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam penyelarasan perencanaan pembangunan ” Kata Fachriza

Indikator pelaksanaan pembangunan Bengkulu Selatan pada periode kepemimpinan Bupati Gusnan Mulyadi di tahun 2016 – 2021 telah menunjukkan geliat peningkatan dan kemajuan meskipun belum optimal, antara lain kinerja pemerintahan telah menunjukkan trend peningkatan yang positif misalnya pada berkurangnya angka kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang secara konsisten mengalami peningatan di tiap tahunnya, dalam hal ini Kabupaten Bengkulu Selatan menduduki peringkat terbaik kedua di tingkat Provinsi Bengkulu dalam hal peningkatan IPM.

Gol atau cita-cita Kabupaten Bengkulu Selatan pada tahun 2025 sebagaimana dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (PJPD) adalah menjadi Kabupaten yang sejahtera, maju mandiri dan demokrasi berbasis agro industri yang diskong dengan sumber daya manusia yang tangguh.

Ditahun ini pembangunan prioritas, dilaksanakan dengan mengusung visi terwujudnya masyarakat yang elok, maju, aman dan sejahtera berlandaskan rasa CintaBS yang merupakan akronim dari kata Cerdas, Integritas, Inovatif, Tauladan dan Agamis serta Berdaya Saing.

“CintaBS, ini adalah budaya yang ingin kami tanamkan kepada jajaran birokrasi, kepada masyarakat Bengkulu Selatan yang menjadi landasan dalam pelaksanaan geliat pembangunan dengan rasa cinta kepada Bengkulu Selatan “tegas Bupati.

Perwujudan visi pembangunan ini dilakukan dengan manjalankan misi yang menitikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, penguatan infrastruktur yang berkeadilan yang tetap mengedepankan wawasan lingkungan, pembangunan kemandirian ekonomi yang berbasis pada potensi dan kearifan lokal, dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih serta pelayanan publik yang berkualitas berbasis teknologi informasi. [ADV]