Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Diskop UKM Kota Bengkulu Gelar Pelatihan, Sebanyak 36 Pelaku Usaha Ikut Serta


PedomanBengkulu.com, Kota Bengkulu- Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu menggelar pelatihan kepada pelaku usaha di Kota Bengkulu. Sebanyak 36 pelaku usaha ikut serta dalam pelatihan.

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Nala Sea Side, Bengkulu, Selasa (22/3/2022).  

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu , DR Nurlia Dewi, SH MH mengatakan, pelaku usaha yang tergabung ini merupakan angkatan pertama yang tergabung dalam enam koperasi.

Tujuan pelatihan ini, kata Nurlia, bukan untuk memajukan pelaku usaha.

"Ini merupakan angkatan yang pertama di program kegiatan UMKM yang terhimpun dalam organisasi koperasi dan ada 36 orang yang terhimpun dalam 6 koperasi. Untuk angkatan yang kedua itu dilaksanakan minggu depan", ungkap Nurlia.

"Jadi para koperasi ini mendata, mereka harus peka melihat pelaku usaha mana yang harus dibina, bisa mendapat bantuan dari dinas koperasi. Dilihat dulu kekurangan mereka seperti apa, butuhnya apa, dan lain-lain," ujar Nurlia.

Lanjutnya, bahwa dalam kegiatan kali ini para pelaku usaha lebih didominasi ke kuliner makanan dan minuman. 

"Ini berlangsung selama 3 hari dan untuk besok akan ada pelatihan praktek memasak dengan olahanya itu daging, kemudian praktek membuat minuman dan trakhir ada praktek pengemasan (packaging)", tambahnya. 


Tambah Nurlia, semua kegiatan pelaku usaha harus melalui koperasi. Jangan sampai, koperasi tidak punya peran.

"Membentuk sebuah organisasi kan untuk mensejahterkan anggota, mencari keuntungan, " jelasnya.

"Akan ada praktek masak daging dan minuman, terakhir cara mengemas barang. Ini poin penting, supaya mereka ini levelnya naik kelas , sebelumnya mikro jadi kecil, modalnya sedikit jadi banyak, tenaga kerja dilakukan sendiri, kedepan itu bisa karyawan," terangnya.