Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Alhamdulillah, Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNIB Raih Akreditasi Unggul dari BAN PT


PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Kabar gembira datang dari Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Bengkulu. Mulai tanggal 21 September 2021 Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Komunikasi FISIP UNIB telah dinyatakan resmi mendapat peringkat UNGGUL dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Pencapaian ini diterima setelah Prodi S1 Ilmu Komunikasi menjalani proses asesmen lapangan secara daring (online) pada tanggal 3-4 September 2021 lalu bersama asesor BAN PT Dr. Catur Suratnoaji, M.Si dan Dr. Suwandi Sumartias, M.Si.

Peringkat unggul merupakan peringkat akreditasi tertinggi di Indonesia untuk standar format terbaru 9 kriteria dari BAN PT. Pencapaian yang diperoleh Prodi S1 Ilmu Komunikasi ini juga merupakan peringkat unggul pertama untuk program studi di selingkung Universitas Bengkulu.

Ketua Jurusan sekaligus Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi Dr. Lisa Adhrianti, M.Si mengungkapkan bahwa  keberhasilan ini tidak lepas dari doa, kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak yang telah banyak meluangkan waktu dan pemikiran bagi proses akreditasi mulai dari penyusunan borang akreditasi sampai dengan proses asesmen lapangan, yaitu Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas selaku Unit Penyelenggara Program Studi (UPPS), Lembaga Penjaminan Mutu Universitas dan Unit Penjaminan Mutu Fakultas (LPMPP dan UPMF), UPT Kerjasama dan Layanan Internasional (KSLI UNIB), Para Dosen, Mahasiswa, Alumni, Tenaga Kependidikan, Mitra dan Pengguna Lulusan S1 Ilmu Komunikasi.

Pimpinan Fakultas dan Program Studi

“Pencapaian ini akan menjadi catatan bersejarah yang membanggakan bagi civitas akademika Universitas Bengkulu dan masyarakat pada umumnya, karena Prodi S1 Ilmu Komunikasi merupakan Prodi favorit yang selalu diminati oleh calon mahasiswa baru”.

Proses pencapaian hasil akreditasi ini juga merupakan proses panjang yang melibatkan dua periode kepemimpinan Dekan FISIP dan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UNIB.

“Penyusunan borang hingga proses asesmen memakan waktu cukup lama karena masalah pandemic Covid-19 mulai tahun 2020” ungkap Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP UNIB) Dr. Yunilisiah, M.Si.

Peringkat unggul dapat diraih karena syarat perlu pencapaian nilai unggul akreditasi telah dianggap memenuhi yaitu 362.

Prodi S1 Ilmu Komunikasi memiliki penciri khusus di bidang Komunikasi Pembangunan Masyarakat Pesisir dengan tiga capaian kompetensi lulusan yaitu Jurnalistik, Humas dan Konsultan Komunikasi.


Prodi S1 Ilmu Komunikasi juga telah mengembangkan dan merealisasikan kerjasama nasional dan internasional selingkup ASEAN sesuai dengan visi yang diharapkan universitas dan fakultas.  Selain itu predikat ini juga tidak lepas dari pencapaian lain yang terkait dengan kualitas dosen, mahasiswa, alumni dan tenaga pendidik serta kepuasan pengguna lulusan yang telah terukur dan telah terpublikasi pencapaiannnya.

Taskforce Akreditasi Prodi S1 Ilmu Komunikasi

Prodi S1 Ilmu Komunikasi yang telah berdiri sejak tahun 1999, saat ini telah memiliki 7 orang dosen berkualifikasi Doktor dengan publikasi nasional internasional beserta sitasi yang memadai, memiliki kurikulum yang telah direvisi sesuai dengan format Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), memiliki mahasiswa/i berprestasi tingkat nasional dan internasional, memiliki laboratorium mulitmedia spesifikasi penyiaran, fotografi dan media cetak, memiliki jurnal dan publikasi buku ilmiah setiap tahunnya, memiliki standar tata kelola dan tata pamong organisasi yang selalu teraudit untuk memenuhi standar mutu kinerja program studi.

Selanjutnya, peringkat unggul ini memerlukan upaya yang kuat dan konsisten untuk dapat dipertahankan dengan baik agar Prodi S1 Ilmu Komunikasi dapat menjadi tolak ukur (benchmark) bagi prodi-prodi lainnya di dalam dan luar Universitas Bengkulu. (*)