Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Penerapan Sekolah 5 Hari di BS Menuai Pro dan Kontra

BENGKULU SELATAN, PB – Memasuki tahun ajaran baru 2017/2018, beberapa sekolah di Kabupaten Bengkulu Selatan menerapkan sistem 5 Hari Sekolah atau yang populer dengan Full Day School.

Meskipun ada yang mendukung penerapan ini, namun tidak sedikit pula pelajar di Bengkulu Selatan yang mengeluhkan Full Day School ini. Seperti diungkapkan oleh WS dan SR pelajar Kelas XII SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan (SMAN 5 BS).

Baca juga: Dewan Pendidikan BS Dukung Kebijakan 5 Hari Sekolah

“Di sekolah kami ini sudah menerapkan full day school sejak 18 Juli. Jam masuk itu pukul 07.00 dan jam pulang sekolah pukul 16.00 WIB dengan waktu istirahat sebanyak 3 kali. Hari Sabtu libur. Memang ada sisi positifnya, tapi waktu, pikiran dan tenaga terlalu terkuras untuk belajar. Pas pulang ke rumah kecapaian. Enaknya waktu berkumpul bersama teman-teman lebih lama,” ungkap WS didampingi rekan-rekannya kepada awak media di sela-sela istirahat makan siang di aula SMAN 5 BS, Selasa (25/7/17).

Sementara, menurut pandangan SR, program Full Day School bukan membuat siswa semangat belajar namun malah menimbulkan kejenuhan bagi siswa.

“Akibat kelelahan akhirnya tidak fokus belajar. Karena seharian hanya menghadapi buku-buku,” tutup SR.

Berdasarkan informasi dari pelajar SMAN 5 BS, selain SMAN 5 BS beberapa sekolah lainnya juga menerapkan Full Day School yakni Sementara itu Kepala SMAN 5 Bengkulu Selatan Seri Marheni membenarkan hal tersebut.

Menurut Seri pemberlakuan Full Day School tersebut telah dikoordinasikan dan atas petunjuk dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu. Menurutnya, sejumlah Orang Tua siswa mengaku senang atas penerapan sistem 5 hari sekolah ini.

“Banyak orang tua yang senang dengan system 5 hari kerja ini. Mereka bilang dengan sistem 5 hari sekolah ini anak mereka yang biasanya menghabiskan waktu bermain di Warnet menjadi berkurang dan tidak keluyuran untuk kegiatan yang tidak bermanfaat lainnya,” jelas Seri Marheni saat dihubungi pedomanbengkulu.com via Handphonenya.

Menurutnya, di Bengkulu Selatan sudah ada sekolah yang menerapkan sistem 5 hari sekolah selain SMAN 5 BS yakni SMAN 1 BS, SMAN 2 BS, SMAN 3 BS dan SMAN 6 BS.

“Memang dari Dinas dipersilahkan untuk memilih, kalau sudah siap menerapkan 5 hari sekolah dipersilahkan. Yang belum siap tidak apa-apa. Istilahnya bukan full day school ya tapi lima hari sekolah,” tutup Seri Marheni. (Apd)