Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Dongkrak Produktivitas Petani, Komisi II DPRD Kota Bengkulu Kunjungi Lokasi Persawahan

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Guna mengoptimalkan industri pertanian Kota Bengkulu, Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Nuzuludin menyampaikan pihaknya akan mendorong terealisasnya pembangunan jalan hotmix untuk kawasan persawahan. Terutama di sawah sekitar Danau Dendam Tak Sudah, Kota Bengkulu. 

"Setelah kita langsung melihat, dan hasil berdiskusi dengan petani, jalan ini sangat diperlukan untuk mengurangi ongkos produksi, " kata Nuzul, usai meninjau langsung sawah yang ada di kawasan Danau Dendam Tak Sudah, Kota Bengkulu, Selasa (2/8/2022). 

Dijelaskan Nuzul, dengan infrastruktur khususnya jalan di persawahan, maka dapat menekan ongkos distribusi hasil panen. Dan petani lebih mudah, untuk melewati jalan tersebut. Baik saat musim hujan maupun musim kemarau. 

"Mudah mudahan ini bisa kita realisasi pada anggaran perubahan," harapnya. 

Dari informasi yang ia himpun dari petani disana. Untuk saat ini, mereka menggunakan jalan, dari hasil swadaya masyarakat dengan bergotong royong membangun jalan tersebut. 

"Masyarakat disini bangun, jalan yang di gotong royong kan, tapi masih butuh penambahan penambahan dari pemerintah kota," kata Nuzul. 

Di tambahkan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu, Nopirsman  bahwa usulan untuk pembangunan jalan di area persawahan tersebut. Nanti, akan diusulkan pada pembahasan APBD perubahan. 

"Kalau pengerjaan ini, kita upayakan di APBD perubahan. Untuk nilai anggaran itu nanti, pada pembahasan," jelasnya.

Hal ini,juga dikarenakan pihaknya juga masih harus melakukan pengukuran disana. Harus mengukur panjang dan lebar, sesuai kebutuhan diarea persawahan ini. 

"Karena, cukup panjang. Mungkin kita bertahap melaksanakan nya. Mungkin di APBD perubahan bisa melaksanakan. InsyaAllah, dengan dukungan para anggota dewan ini bisa terealisasikan," paparnya. 

Sementara, terkait pembebasan lahan, pihaknya juga mendapat sebagai hibah tanah dari masyarakat. Untuk akomodasi administrasi, maka pihaknya berkoordinasi dengan camat setempat. 

"Masyarakat tadi juga menyampaikan, bahwa mereka menghibahkan tanah ini dengan pemerintah. Tentunya dengan surat menyurat yang akan diakomodir oleh pak camat. Nanti saat pelaksanaan tidak jadi persoalan," tutupnya.[Adv]