Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Duta GenRe Diminta Jadi Role Model Dalam Membangun Keluarga Terencana

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Bengkulu menggelar acara Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) dan Jambore Ajang Kreatifitas Remaja Provinsi Bengkulu Tahun 2022 di Hotel Mercure Bengkulu, Sabtu (19/2).

Menurut Deputi Bidang KS-PK BKKBN RI, Nopian Andusti, keberadaan Duta GenRe menjadi penting, karena melalui mereka dapat mempromosikan keluarga sehat dan terencana, dalam membina keluarga dan rumah tangga. “Untuk itu, kepada setiap peserta dan Duta GenRe yang nantinya terpilih, harapan saya, hendaknya dapat menjadi teladan dalam membangun keluarga yang terencana, yakni menikah pada usia matang, serta memiliki kecakapan intelektual, agama, dan juga faktor penting lainnya dalam membangun sebuah rumah tangga,” kata Novian Andusti.

Dirinya menegaskan, Duta GenRe bukan hanya sekedar menjadi duta semata, namun jauh daripada itu, mereka yang terpilih harus dapat menjadi contoh bagi remaja lainnya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan remaja mengadvokasi teman sebaya, dan jadi pendobrak semangat remaja untuk menjadi agen perubahan untuk menolak nikah usai anak, dan penurunan stunting," tegasnya.

Lebih lanjut Novian menjelaskan bahwa setiap tahunnya, kegiatan ini telah banyak melahirkan remaja-remaja yang tidak hanya mampu menjadi role model bagi teman sebayanya, tetapi juga menjadi remaja yang sukses dalam karir dan kehidupan.

"Bagi para peserta yang menjadi juara agar jangan dijadikan tujuan akhir dari perjuangan, tetapi harus terus bergerak, berdaya, berkolaborasi dalam karya dengan motto "Setahun menjabat seumur hidup menginspirasi," pesan Novian.

Untuk diketahui, ADU-JAK 2022 dengan dua rangkaian Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas ini diikuti sebanyak 76 orang remaja dari

Adapun dari 13 pasang duta GenRe dari sejumlah daerah kabupaten/kota di Bengkulu, dewan juri menobatkan Rachmat Yudhistira (Bengkulu Selatan) dan Erina Bunga Saputri (Kota Bengkulu) sebagai Duta GenRe Provinsi Bengkulu 2022. Untuk pemenang kedua diraih Aditya Latif Prahesta (Kota Bengkulu) dan Nita Susanti (Kota Bengkulu). Sementara pemenang ketiga diraih Firmansyah (Kepahiang) dan Maria Suniati Gultom (Kota Bengkulu).

Selain itu, BKKBN dan Forum GenRe juga menobatkan pemenang:

- Kategori Inovator
Ajie Ihza Pahendras dan Rahayu Astari

- Kategori Motivator 
Alfiyero Ramadhan Kurniawan dan Suci Harum Yozita

- Kategori Sosial Media Inspirator
Mikael Janeri dan Sarah Nadia Azzahra

-Kategori Intelegensia
M. Hafid Giofanni dan Tiara Ramadhani

- Kategori Persahabatan
M. Haikal Leo Waldi dan Resandra Farras Wita

- Kategori Favorit
Aldi Purwasyah dan Nuraini Putri Aisyah Putri Aulia

- Kategori Leadership
Anggi Kurniawan dan Elsa M. Cik Nur

- Kategori Berbakat
M. Dantha Arianvasya dan Zabna Wijaya.

Erina Bunga Saputri, Duta GenRe terpilih mengatakan lewat kepercayaan baru ini ia akan menghadirkan tantangan baru, oleh karenanya mengajak seluruh Duta GenRe yang terlibat dalam ajang ini untuk berkolaborasi.

“Ini akan jadi tantangan yang baru buat Saya. Terima kasih untuk kakak-kakak Duta GenRe. Saya mohon untuk bisa membimbing kami. Saya juga mohon kerja samanya. Kompetisi ini sudah berakhir, saatnya kita berkolaborasi untuk menjadi role model bagi remaja,” ucapnya.[Kucir.06]